Tuesday, November 20, 2018

Urutan Tes SIM C

No comments
URUTAN TES SIM C
Oke beberapa waktu yang lalu(lebih tepatnya dahulu kala) saya pernah sharing tentang hal-hal yang harus diperhatikan atau persyaratan yang tidak tercantum di undang-undang republik Indonesia (hukum budaya adat istiadat) yang sering terjadi di kantor polisi setempat guna untuk membuat sim C (saya bukan gak pengen bikin sim A, tp udah biasa pakek driver gak nyetir sendiri. Dalam hal ini saya menyebutnya berkendara naik angkot dan bis umum).
Beberapa pekan silam adek saya nanya, bagaimana urutan tes sim c?
Saya jawab dengan sedikit memalingkan wajah dan tatapan tajam,sedikit backlight untuk menambah greget drama,kemudian berkata,
"Ada 2 hal yang harus kamu kerjakan ferguso!"
"Pertama ujian teori sim c"
"Kedua ujian praktek sim c"
Kembali pada judul utama kita hari ini, urutan tes sim c
Yang pertama anda tentu sudah paham betul beberapa prasyarat untuk membuat sim c.
Barangkali ada yang belum paham prasyarat sim c, sudah saya bahas di artikel sebelumnya
Prasyarat pembuatan sim c

Urutan selanjutnya adalah mendaftar,
Saya asumsikan anda sudah di kantor polisi untuk mendaftar. Karena kalo di kantor bank anda mendaftar untuk pengajuan kredit, gak mungkin bikin sim c disana.
Saya asumsikan juga kamu-kamu sekalian sudah menyiapkan fotocopy ktp/kartu pelajar/kartu identitas lainnya(ingat, jangan sekali-kali anda bawa fotocopy kartu identitas pemeriksaan bidan, anda mau bikin sim c bukan periksa kehamilan).
Jangan lupa juga bawa fotocopy kartu sidik jari, surat keterangan sehat dari dokter(biasanya pak polisi menyarankan pemeriksaan di dokter kepolisian, di tempat saya lokasi dokter yang direkomendasikan oleh pak polisi dekat kantor polisi).

 Daftarlah di tempat yang telah disediakan, jangan pernah malu untuk bertanya dan jangan juga terlalu nurut kalo ditawarin bikin sim nembak(kecuali ya anda sudah kesekian kalinya gak pernah lulus dan menyerah). Kalo ada oknum yang menawarkan syarat membuat sim c nembak, anda cukup minta nomor telpon nya saja. Antisipasi jika anda sudah gagal berlarut-larut dan bisa menghubungi beliau untuk membuat sim c nembak(jangan lupa negosiasi harga ya.. kan kalo gak nawar gak asik. Hehe)
Di tempat daftar kamu akan diverifikasi identitas dan kesehatan, setelah itu ikuti instruksi selanjutnya.
Next,,

Kamu akan dipanggil untuk mengisi formulir pembuatan sim c. Contoh pengisian biasanya sudah disediakan. Gampang ini mah tinggal ngisi identitas doank.. tantangan selanjutnya yang bikin gereget mah, ujiannya itu loh gaess,, berat. Rindu nya dilan pada milea mah lewat dah.
Setelah formulir diisi dan diserahkan pada petugas. Kita tinggal tunggu panggilan selanjutnya untuk melakukan ujian teori sim c.
Biasanya dipanggil berkelompok alias per sesi. Jadi selain berdoa agar ujian teori kita lulus, jangan sampai hilang fokus pas nama kita dipanggil malah diem-diem bae melototin layar hape sambil scroll,, scroll,, kepoin instastory mantan. In my advice,, lupain mantan sejenak gengs, kita fokus membuat sim c dengan khidmat.
Ujian teori sim c
Ujian teori sim c komputer, kalo di daerah saya mah cuma dilaksanakan hari senin sampe jumat aja gengs, jadi kalo hari sabtu itu ujian teorinya gak pake komputer tapi pake kertas sama kayak kalo kita ujian nasional dulu tp jawabannya gak dilingkari, cukup di cakra alias ditanda silang jawaban yang benar nya.
Owh iya, kalo kamu mau nyoba ujian teori komputer, pasukan polri kita sudah menyiapkan simulasinya. Bisa kalian coba di link berikut ya..
Simulasi ujian teori sim online
Wah,, udah lumayan banyak bapak ibu saya nulisnya..
Saya lanjut di part 2 saja untuk urutan tes sim c
Nih saya kasih link lanjutan untuk membaca artikelnya
Urutan tes sim c bagian 2

No comments :

Post a Comment

Entri Populer

Followers